Rekomendasi Buku

Promo Ebook

25 Agustus 2024

Snouck Hurgronje : Kisah Ilmuwan, Petualang, dan Mata-Mata

Snouck Hurgronje : Kisah Ilmuwan, Petualang, dan Mata-Mata

Snouck Hurgronje : Kisah Ilmuwan, Petualang, dan Mata-Mata

Deskripsi:

Snouck Hurgronje, tokoh kontroversial dalam sejarah Indonesia masa kolonial. Snouck seorang ilmuwan dan akademisi yang total. Rasa keingintahuan yang tinggi mendorongnya untuk meneliti Islam langsung dari sumbernya. Demi dapat mempelajari Islam di Makkah dan Jeddah, Snouck masuk Islam dan disunat serta berganti nama menjadi Abd. al-Ghaffar.

Setelah kembali ke Belanda dan menerbitkan karyanya tentang Makkah, Snouck kemudian pergi ke Hindia Belanda secara rahasia. Snouck sangat tertarik dengan Aceh karena rakyatnya fanatik dan sangat percaya Islam. Inilah yang menjadi pegangan orang Aceh sehingga sulit dikalahkan.

Namun, berkat nasihat Snouck, Jenderal Van Heutsz berhasil menaklukkan Aceh. Peran sebagai penasihat Pemerintah Hindia Belanda membuat Snouck dilabeli sebagai mata-mata dan pemecah belah Islam di Indonesia.

Ketika Van Heutsz diangkat menjadi gubernur jenderal, Snouck ditawari menjadi Gubernur Aceh. Snouck menolak karena letih dengan intrik dan persaingan antarpejabat Hindia Belanda. Snouck memilih kembali ke Belanda. Snouck berhenti bertualang, menjauhi urusan kolonial, menjadi guru besar, lalu rektor, hingga akhir hayatnya.

Mengapa Buku Ini Menarik?

Figur yang Kompleks: Snouck adalah sosok yang sangat kompleks. Ia adalah seorang ilmuwan yang sangat cerdas, namun juga terlibat dalam politik kolonial.
Peran dalam Sejarah Indonesia: Snouck memiliki peran yang sangat signifikan dalam sejarah Indonesia, terutama dalam konteks hubungan antara Islam dan kolonialisme.
Sudut Pandang yang Berbeda: Buku ini kemungkinan akan menawarkan sudut pandang yang berbeda tentang sosok Snouck, melampaui narasi-narasi yang sudah ada sebelumnya.

Snouck Hurgronje : Kisah Ilmuwan, Petualang, dan Mata-Mata


 





 
Judul Rating Cerita & Ilustrasi Tebal Berat Format Tanggal Terbit Dimensi ISBN Penerbit
Snouck Hurgronje : Kisah Ilmuwan, Petualang, dan Mata-Mata 4.9 Hendri F. Isnaeni 96 Halaman 0.11 kg - 8 Agustus 2024 13 x 19 cm 9786231606068 Penerbit Buku Kompas


Anda tertarik dengan buku ini?
Dapatkan buku ini di Marketplace maupun di Gramedia.com

Buku pilhan lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Buku

Promo Ebook

Buku Pilihan di Gramedia.com
Temukan Buku Pilihan di Tokopedia

Buku Terbaru

Buku Rekomendasi

·.★·.·´¯`·.·★ 🅁🄴🄺🄾🄼🄴🄽🄳🄰🅂🄸 🄺🄰🄼🄸★·.·´¯`·.·★.·
Temukan Buku Pilihan di Shopee
Aemal Shop
Berbagai produk halal unggulan dari produk UMKM lokal dengan harga dan kualitas terbaik.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Comments

Tentang Kami

KatalogBuku

Katalog Buku merupakan situs review buku yang menjadi rekomendasi bagi para pecinta buku.

Ada pertanyaan?

Hubungi kami melalui email:




Yuk Bahas Bahasa Inggris